Pada artikel sebelumnya, saya membahas tentang tips meningkatkan peluang lolos seleksi SNMPTN dimana siswa harus mempunyai planning, persiapan, dan strategi sejak SMP.

Bagaimana bila kamu baru membaca artikel tersebut sedang kamu telah duduk di bangku SMA kelas 2 (kelas 11 atau 12)?

Jangan khawatir, untuk menembus PTN impian tidak hanya melalui jalur SNMPTN saja, ada jalur lainnya seperti jalur mandiri, dan juga via SBMPTN.

Nah, tulisan ini didedikasikan untuk kamu yang telah bersekolah tingkat SMA dan sudah terlanjur kelas 11 atau 12.

Untuk kasus kamu ini, maka tetaplah jaga impianmu menembus PTN idaman dan kamu bisa meraihnya lewat jalur SBMPTN.

Oleh karena itu, artikel kali ini saya akan membahas tentang SBMPTN.


informasi sbmptn dan tips sukses lulus sbmptn



Informasi Seputar SBMPTN


Apa SBMPTN itu?


SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yaitu seleksi berdasarkan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Apakah peserta seleksi SBMPTN membayar biaya tes?


Tidak seperti SNMPTN yang gratis, SBMPTN ini biayanya dibebankan kepada peserta seleksi dan kementrian yang terkait.


SBMPTN tahun lalu belum berhasil, apakah boleh ikut lagi tahun ini?


Iya, SBMPTN dapat diikuti oleh lulusan tahun ini dan lulusan dua tahun sebelumnya.

Contoh:
SBMPTN 2018 dapat diikuti oleh siswa lulusan 2016, 2017, dan lulusan 2018.


Kemampuan apa yang diukur dalam SBMPTN?


SBMPTN mengukur kemampuan penalaran tingkat tinggi seperti potensi akademik, bidang studi dasar, sains dan teknologi (jurusan IPA), bidang sosial dan humaniora (jurusan IPS).


Apa saja jenis ujian pada SBMPTN?


Materi ujian terdiri dari:

1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), yaitu: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, TPA Figural.

2. Tes Kemampuan dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek), yaitu: Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.

3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum), yaitu: Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.


Kelompok Ujian SBMPTN ada berapa jenis?


Seperti tahun-tahun lalu yaitu ada tiga jenis kelompok ujian, meliputi:

1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
2. Kelompok Ujian Sosial dna Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi TKPA,TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Sumber informasi di atas adalah https://sbmptn.ac.id/


Persiapan-persiapan yang harus dilakukan agar sukses dan lulus SBMPTN


Persiapan, perencanaan, dan strategi untuk menembus PTN idaman melalui jalur SBMPTN sebenarnya sama saja dengan tulisan saya sebelumnya yaitu cara lulus SNMPTN.

Pada intinya adalah belajar untuk menguasai materi yang diujikan pada SBMPTN seperti tes potensi akademik, tes bidang saintek, bidang sosial dan humaniora.

Namun persiapan SBMPTN ini ada tambahannya yaitu:


- Selalu update informasi di web official SBMPTN mengenai kapan jadwal pendaftaran, cara mendaftar online, lokasi pendaftaran dan ujian, dan seterusnya.

- Persiapkan mental agar terbiasa mengerjakan soal-soal dengan tingkat kerumitan tinggi dan dalam waktu yang terbatas.

Caranya adalah latihan soal yang tingkat kesulitannya setara dengan SBMPTN atau lebih tinggi dari SBMPTN.

Dengan mengerjakan latihan soal sebanyak-banyaknya sampai menjelang SBMPTN, diharapkan otak kamu sudah terbiasa berpikir cepat dan tepat untuk menyelesaikan soal-soal.

Satu lagi, dengan konsisten mengerjakan latihan soal-soal sampai menjelang SBMPTN, jika diibaratkan dengan grafik sinusoidal, maka ketika SBMPTN berlangsung performa atau kinerja kamu berada di puncak grafik.

- Berlatih mengerjakan soal-soal baik di kertas ujian komputer maupun mengerjakan soal di komputer atau di gadget android.

- Mencari dan mendapatkan soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya dan mengerjakan semuanya.

- Mencari dan mendapatkan soal-soal try out SBMPTN atau soal yang tingkat kesulitannya setara, dan coba kerjakan semuanya.

- Mencari informasi tentang kisi-kisi SBMPTN dan mempersiapkannya.

- Jika ada yang bingung atau belum mengerti konsep dasar materi yang diujikan, jangan tunda untuk bertanya baik kepada teman, guru, atau tutor di bimbel yang kamu ikuti. Pastikan semua konsep dasar materi yang diujikan pada SBMPTN telah kamu mengerti dan hafal.

Mengapa kamu harus mengerti konsep dasar? Karena SBMPTN itu menguji daya analisa kamu dalam penerapan sebuah konsep, sehingga dibutuhkan pemahaman konsep dasar materi yang kuat untuk menganalisa dan mendapatkan jawaban soal-soal SBMPTN dengan cepat, teliti, dan tepat.


Tambahan tips agar sukses dan lolos SBMPTN


Selain tips di atas, maka perhatikan pula sarana dan prasarana menjelang, ketika, dan setelah SBMPTN.

Contohnya:

- Persiapkan dengan cermat alat-alat yang dipakai untuk SBMPTN, letakkan di satu tempat agar tidak tercecer, seperti : kartu ujian, pensil 2B, penghapus, atau pastikan komputer/laptop/gadget android bekerja dengan baik untuk mengerjakan ujian komputer, dst.

- Survey lokasi ujian agar di  hari-H dapat sampai dengan lancar.
Perhatikan jalur dari tempatmu, hindari jalur kemacetan jika naik mobil atau motor. Atau pilih angkutan umum baik konvensional atau online yang dapat membawamu ke tempat ujian dengan lancar.

Jika membawa mobil atau motor sendiri, pastikan bahan bakar kendaraan terisi penuh agar tidak kehabisan bahan bakar di tengah jalan, periksa ban dan mesin agar tidak mogok di jalan.

Atau yang lebih aman, cari penginapan harian yang kamu sewa ketika SBMPTN sehingga kamu bisa berjalan ke lokasi ujian.

- Jaga kesehatan agar saat SBMPTN kondisi kamu prima dan siap bertempur menyelesaikan tantangan soal SBMPTN.

- Kosongkan kandung kemih atau perutmu sebelum ujian berlangsung, agar saat SBMPTN berlangsung kamu tidak terganggu dengan masalah kebelet ingin buang air kecil atau buang air besar.

- Sebelum ujian, isi dulu kolom-kolom yang wajib diisi seperti nama, TTL, dan seterusnya. Setelah ujian periksa kembali kolom isian ini.

- Kerjakan yang mudah dahulu agar kamu semangat melahap semua soal, jika ada waktu kerjakan yang belum dan memeriksa jawaban yang sudah dikerjakan.

- Setelah ujian berlangsung, be relax. Serahkan segala hasil pada Allah Ta'ala, karena yang terpenting bagi kamu adalah kamu sudah berusaha keras selama ini dan berdoa tanpa putus mengharap kepada Allah.


Bagaimana jika tahun ini kamu belum berhasil menembus PTN impian alias belum lulus SBMPTN?


Jangan putus asa. SBMPTN ini hanyalah secuil dari jutaan cuil perjalanan hidupmu.

Masa depan adalah hal yang ghaib karena hanya Allah yang tahu.

Bukan tidak mungkin yang tidak lulus SBMPTN menjadi orang yang lebih sukses di masa depan dari orang yang lulus pada saat itu (atau sebaliknya).

Lulus SBMPTN dan kuliah di PTN idaman bukan satu-satunya jalan sukses di masa depan. Jadi kamu harus move on dan bangkit serta berjuang kembali untuk diri yang lebih baik dari hari ini.

Jika kamu siswa SMA yang baru lulus tahun ini, jangan khawatir dan jangan mudah menyerah. Jika kamu mengambil keputusan ingin berjuang di jalan yang sama kembali, kamu bisa ikutan SBMPTN lagi untuk tahun depan, atau bahkan tahun depannya lagi.

Bagi kamu yang memutuskan untuk berjuang menembus PTN impian melalui jalur SBMPTN di tahun depan, maka mulailah mengambil ancang-ancang lagi dan bangkit serta mulai berlari mengejar impian kembali.

Atur perencanaan, susun strategi, berusaha lebih smart lagi, berdoa lebih kencang lagi, lebih berbakti kepada kedua orangtua lagi dan meminta restu serta doa mereka, berdoa di saat-saat mustajab untuk kelulusan SBMPTN di tahun depan, dan seterusnya.

Semoga uraian saya ini bermanfaat buat kamu siswa SMA yang ingin menembus PTN via jalur SBMPTN.

NB.

Ada layanan bimbel online yang mempunyai program khusus persiapan SBMPTN yang dapat kamu optimalkan.

Klik link di atas dan baca informasinya. Jika kamu memutuskan untuk ikut paket SBMPTN nya Quipper Video hubungi saya (Whatsapp atau SMS) ke 08111166557.

0 comments:

Post a Comment