Ada beragam cara untuk melanjutkan kuliah di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) favorit. Ada yang melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), ada yang melalui Ujian Mandiri yang diselenggarakan di masing-masing PTN, dan ada yang melalui SNMPTN.

Yang saya bahas kali ini adalah tentang SNMPTN sebagai salah satu cara untuk kuliah di PTN idaman kamu.

Sebelum saya mengupas tentang cara lulus SNMPTN, saya akan menguraikan informasi dasar tentang SNMPTN ini.

Dengan mengetahui informasi ini, maka kamu pasti mengetahui kriteria-kriteria siswa SMA yang berhak lolos SNMPTN dan melanjutkan studinya ke PTN pilihannya.

Informasi yang mendasar dan penting untuk diketahui ini, saya ambil sumbernya dari website resmi SNMPTN. Kamu dapat membaca lebih detail tentang seluk-beluk SNMPTN di websitenya.


informasi snmptn agar lulus snmptn


Informasi Seputar SNMPTN



SNMPTN  singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Pada zaman saya sekolah tingkat SMA, seleksi untuk masuk PTN yang seperti ini adalah PMDK yaitu Penelusuran Minat dan Kemampuan.

Keduanya mempunyai kriteria yang mirip dalam menentukan lulus tidaknya seleksi yaitu nilai rapor, prestasi akademis lain, dan nilai ujian nasional.


Seleksi Nasional ini dinilai berdasarkan apa?


SNMPTN adalah seleksi berdasarkan prestasi akademis siswa yang dilakukan oleh masing-masing PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di bawah koordinasi panitia pusat.

Siswa yang ingin masuk PTN idaman lewat jalur SNMPTN harus mempunyai prestasi tinggi di atas rata-rata. Selain mempunyai prestasi akademis tinggi, ia harus konsisten menunjukkan prestasinya mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.


Apakah siswa yang ingin ikut SNMPTN ini harus membayar biaya seleksi?


Seleksi lewat jalur ini adalah gratis karena biaya pelaksanaan seleksi ditanggung oleh pemerintah. Sebagai tambahan, siswa calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan ia lulus seleksi mempunyai peluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan studinya melalui program beasiswa Bidikmisi.



Apa ketentuan dasar siswa yang ingin mendaftar seleksi SNMPTN?


Ketentuan Umum siswa yang ingin ikut seleksi ini adalah:

1. Siswa dilihat prestasi akademiknya yaitu rapor dari semester satu sampai semester lima bagi siswa SMA/SMK/MA.

2. Siswa bersekolah di sekolah yang mempunyai NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan mengisi data prestasi siswa di PDSS.

3. Siswa harus memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).

4. Sekolah yang memiliki akreditasi A, B, C dapat ikut mengisi data PDSS. Yang belum memiliki akreditasipun dapat ikut, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Akreditasi A, siswa harus 50% terbaik di sekolahnya.
b. Akreditasi B, siswa harus 30% terbaik di sekolahnya.
c. Akreditasi C, siswa harus 10% terbaik di sekolahnya.
d. Belum terakreditasi, siswa harus 5% terbaik di sekolahnya.

5. Siswa harus memenuhi persaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN.


Apa kriteria penerimaan PTN via jalur SNMPTN?


Siswa calon mahasiswa PTN diterima di PTN jika:

1. Lulus SMA/SMK/MA
2. Lulus SNMPTN
3. Lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN.


Apa saja mata pelajaran yang digunakan sebagai bahan pemeringkatan siswa peserta seleksi SNMPTN?


Mata pelajarannya berbeda yaitu sesuai jurusan siswa calon mahasiswa, yaitu:

1. Jurusan IPA mata pelajarannya adalah: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi.
2. Jurusan IPS mata pelajarannya adalah: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing.
4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian yaitu teori kejuruan dan praktik kejuruan).



Itulah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dikalangan siswa SMA yang ingin mendaftar SNMPTN atau siswa yang ingin meraih PTN impian lewat jalur SNMPTN.

Sekarang kita lanjut ke pembahasan utama yaitu cara lolos seleksi SNMPTN dan kuliah di PTN idaman kamu.


Cara Meningkatkan Peluang Lolos Seleksi SNMPTN



Dari informasi di atas, maka setidaknya kamu tahu minimal persyaratan untuk mendaftar seleksi SNMPTN yaitu mempunyai nilai rapor atau prestasi akademis lain yang tinggi dan prestasi tersebut konsisten dengan kata lain mempunyai prestasi tinggi mulai dari kelas 10 (semester satu) sampai kelas 12 (semester lima).

Sebenarnya informasi ini HARUS diketahui oleh siswa SMP minimal kelas 9 atau kelas 3 SMP. Mengapa? Oleh karena kamu harus mempersiapkannya dari kelas 10 atau kelas 1 SMA.

Jadi untuk kamu siswa SMP, saya sarankan untuk mempunyai visi atau impian yang lebih jauh lebih dari sekedar mendapatkan SMA favorit saja, namun harus juga mempunyai target atau visi sampai PTN mana yang kamu harus dapatkan.

Jika sedari SMP kamu sudah mempunyai planning, maka kamu bisa membuat strategi dan persiapan yang matang sejak dini agar kamu bisa menembus PTN impianmu. Dimulai dengan memilih melanjutkan ke SMA yang mempunyai NPSN ( Nomor Pokok Sekolah Nasional ) yang merupakan syarat awal agar sekolah bisa mendaftar dan meng-upload data siswa ke PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Kemudian dilanjutkan dengan memilih jurusan di SMA dan jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat di PTN impian, sehingga dengan persiapan yang matang sejak dini, di kelas 9 (1 SMA) kamu berhasil meraih prestasi akademis yang memuaskan dan konsisten sampai akhir.


Dari ketentuan umum di atas, maka cara agar lulus SNMPTN dan berkuliah di PTN impian adalah sebagai berikut:

1. Bersekolah di SMA yang mempunyai NPSN yaitu Nomor Pokok Sekolah Nasional, dan sekolah tersebut mengisi data PDSS dengan lengkap dan benar.

Sebagai tambahan, sekolah tersebut mempunyai rekam jejak kinerja yang bagus dan terakreditasi.

Untuk yang terakreditasi A, kamu minimal harus 50% terbaik di sekolah. Untuk sekolah yang akreditasinya B, kamu harus 30% terbaik di sekolah, dan seterusnya.

2. Siswa harus mempunyai NISN yaitu Nomor Induk Siswa dan mengisi data dengan lengkap dan benar saat mendaftar.

3. Siswa harus mempunyai prestasi yang unggul dan dapat dilihat dari rekam jejak prestasinya mulai dari semester satu.

4. Setelah panitia seleksi SNMPTN melihat rekam jejak prestasi atau nilai rapor yang unggul secara konsisten dari semester satu sampai semester lima, maka panitia melakukan pemeringkatan berdasarkan nilai-nilai dari mata pelajaran berikut:

a. Jurusan IPA mata pelajarannya adalah: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi.
b. Jurusan IPS mata pelajarannya adalah: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
c. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing.
d. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian yaitu teori kejuruan dan praktik kejuruan).

JADI kamu harus mempunyai nilai tinggi pada pelajaran di atas.


5. Perhatikan jadwal resmi yang dikeluarkan oleh panitia SNMPTN sehingga kamu tidak salah jadwal atau terlambat mendaftar.

6. Perhatikan juga website PTN pilihan kamu, lihat persyaratan khusus untuk masuk ke PTN tersebut sebab masing-masing PTN berbeda kebijakan. Jadi kamu harus mengikuti persyaratan tersebut.


Itulah cara meningkatkan peluang lolos seleksi SNMPTN. 

Saya akan membahas bagaimana agar bisa meraih prestasi akademis tinggi mulai dari semester satu dan konsisten sampai akhir pada artikel selanjutnya.

Dari semua itu, berdoa kepada Allah Ta'ala agar dimudahkan dalam seleksi SNMPTN dan lolos seleksi adalah hal yang paling utama. Maka jangan lupa berdoa, bergantung kepada-Nya, kemudian berusaha maksimal yang kamu bisa untuk kuliah di PTN idaman kamu.


Summary Cara Lulus SNMPTN 


- Mempunyai planning yang mantap bahkan planning atau perencanaan yang matang dari SMP agar dapat menembus SMA yang mempunyai rekam jejak kinerja yang baik, mempunyai NPSN, dan mampu mengisi PDSS dengan baik, lengkap, dan benar.

- Berdoa agar dijauhkan dari kemalasan, agar istiqomah dalam berusaha dan belajar, agar lulus SNMPTN.

- Mempunyai prestasi akademis di atas rata-rata, nilai rapor yang tinggi untuk semua mata pelajaran, terutama pelajaran-pelajaran yang disebutkan di atas.

- Selalu update dengan perkembangan terkini tentang SNMPTN baik informasi dari sekolah kamu, bimbel yang kamu ikuti, dan informasi resmi di website SNMPTN.

- Selalu update dengan informasi mengenai PTN yang ingin kamu masuki dan kuliah di sana, terutama tentang syarat-syarat khusus untuk pendaftaran dan lainnya.


Tambahan informasi agar lolos seleksi SNMPTN


- Cari dan dapatkan lingkungan yang kondusif untuk tujuanmu.

- Berteman dengan teman-teman yang satu visi denganmu agar kamu dengan temanmu saling menguatkan ketika lemah dan malas belajar, dan saling memotivasi untuk mencapai tujuan yaitu masuk ke PTN impian.

- Baca buku atau artikel tentang time management dan praktikkan segera.

- Baca buku atau artikel tentang bagaimana cara belajar yang baik dan praktikkan segera.

- Doa orang tua kepada anaknya adalah maqbul, berbaktilah kepada orang tua dan mintalah doa darinya agar kamu lulus SNMPTN.


==================================

Baca juga ini informasi tentang Quipper Video yang merupakan salah satu tool belajarmu agar dapat meraih prestasi akademis tinggi dan konsisten sampai akhir.

0 comments:

Post a Comment