Menjadi mahasiswa sukses adalah impian setiap lulusan SMA. Mereka berharap setelah lulus SMA dan memasuki dunia perkuliahan, mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus sehingga bisa dengan mudah belajar di kampus dan meraih kesuksesan.

Mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang:


- Mahasiswa yang mempunyai nilai akademis yang tinggi.

- Mahasiswa yang siap terjun di dunia usaha, dunia industri, atau dunia wirausaha.

- Mahasiswa yang adab dan akhlaknya mencerminkan bahwa ia adalah orang yang terpelajar.

- Mahasiswa yang mudah berinteraksi dengan lingkungannya sehingga ia bermanfaat bagi sekitar.

- Mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang non akademis.

- Dan seterusnya.


Definisi mahasiswa sukses bisa beragam tergantung dengan goal (visi) mereka. Jadi definisi sukses antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya bisa berbeda.

Yang saya tulis mahasiswa sukses pada tulisan kali ini adalah mahasiswa yang siap terjun di dunia kerja, dunia industri, atau dunia usaha.

Sebelum menjelaskan cara menjadi mahasiswa sukses, saya akan tuliskan hasil penelitian dari Badan Penelitian Pengembangan, Pusat Penelitian Kebijakan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.


cara menjadi mahasiswa sukses dan berprestasi



Tulisan hasil penelitian ini merupakan ringkasan eksekutif dari kajian yang telah dilakukan oleh Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2011.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan kompetensi lulusan Perguruan Tinggi dibandingkan dengan kebutuhan Dunia usaha dan dunia industri, baik perusahaan tingkat lokal, nasional, maupun multinasional.

Ruang lingkup penelitian adalah: Perguruan Tinggi baik PTN maupun PTS, lulusan Perguruan Tinggi (baik yang sudah bekerja, wirausahawan, juga yang belum bekerja dalam kurun waktu 1 sampai 5 tahun terakhir), dan pelaku Dunia usaha/Dunia Industri (perusahaan lokal, nasional, multi-nasional, BUMN/BUMD, dst).


Hasil Penelitian


Dari data temuan yang diolah oleh peneliti, disimpulkan hal berikut:


1. Secara umum kompetensi lulusan dibagi dua, yaitu hard skill dan soft skill.

Hard skill meliputi: kemampuan penguasaan keilmuan (kompetensi inti), penguasaan di luar bidang ilmu yang dipelajari, penguasaan IT sebagai tool untuk bekerja, kemampuan berbahasa asing.

Hard skill yang paling dibutuhkan menurut perusahaan: kemampuan teknis yaitu penguasaan ilmu inti lulusan PT (Perguruan Tinggi) yang sesuai dengan latar belakang studinya.

Soft skill meliputi: tingkat percaya diri, mempunyai komitmen tinggi, kreativitas, inisiatif, ketekunan bekerja, disiplin atau etos kerja, integritas, tanggung jawab, kemampuan bekerjasama, kemampuan berkomunikasi, kemampuan networking (membangun jejaring/relasi sosial), motivasi tinggi, dan kemampuan mengambil keputusan.

Soft skill yang paling dibutuhkan menurut perusahaan: bagi perusahaan lokal adalah keterampilan sosial, sementara bagi perusahan nasional dan multinasional adalah integritas dan visioner.


2. Menurut penilaian perusahaan tempat lulusan PT bekerja, secara umum tidak ada perbedaan kompetensi (hard skill dan soft skill) antara lulusan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) maupun lulusan PTS (Perguruan Tinggi Swasta), kedua lulusan ini cenderung memiliki hard skill dan soft skill yang tinggi.


3. Kesulitan lulusan PT mendapatkan pekerjaan secara umum dipengaruhi oleh kurangnya informasi.

Kurangnya informasi ini disebabkan antara lain:

- lemahnya interkoneksi (keterhubungan) antara PT dengan dunia usaha/dunia industri.

- lemahnya kinerja sosial individu dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

- lemahnya kemampuan individu dalam menampilkan keunggulannya ketika berhadapan dengan institusi (dunia usaha/dunia industri).


4. Untuk lulusan PT yang ingin menciptakan lapangan pekerjaan (bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain) sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya dapat mengupayakan hal ini:


- sering mengikuti kursus dan pelatihan sesuai dengan minat dan kompetensinya.

- aktif dalam kegiatan kemahasiswaan atau aktif dalam jejaring sosial (membangun relasi)

- sering mengikuti seminar di luar kampus (maupun seminar yang diadakan dalam kampus)

- aktif berorganisasi baik organisasi dalam kampus maupun di luar kampus, seperti komunitas enterpreneur, komunitas keahlian tertentu, dst.

- sering melatih skill dan meningkatkan semangat enterpreneurship, seperti kemampuan management, keuangan, marketing, produksi, sales, teknologi pendukung, IT, dan seterusnya.


5. Upaya yang dilakukan perusahaan (dunia usaha/dunia industri) dalam membantu Perguruan Tinggi meningkatkan kompetensi lulusannya, adalah dengan menyediakan program magang untuk para mahasiswa.


Itulah diantara kesimpulan hasil penelitian para ahli di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Nah, sekarang saya akan menguraikan cara menjadi mahasiswa sukses berdasarkan hasil penelitian di atas.

Saya akan menulis ulang hal yang harus dilakukan berdasarkan hasil penelitian di atas.

Sobat mahasiswa dapat menulis ulang kembali di kertas masing-masing, kalau bisa dalam bentuk cek list sehingga sobat mahasiswa dapat tahu mana yang sudah dilakukan, mana yang masih proses, dan mana yang belum diusahakan.

Saran saya, agar sobat menjadi mahasiswa yang berprestasi dan sukses, semua yang ditulis di sini harus diimplementasikan selagi masih belajar di kampus, sehingga sobat mahasiswa benar-benar siap terjun di dunia usaha atau di dunia industri bersaing dengan lulusan PT lainnya.

Cara menjadi mahasiswa sukses


1. Mengupayakan semaksimal mungkin mulai dari hari pertama masuk kuliah untuk mendapatkan hard skill yang mumpuni.

Hard skill yang harus dikuasai adalah skill atau keterampilan inti yang sesuai dengan latar belakang pendidikan di kampus. Misalnya mahasiswa jurusan teknik informatika harus menguasai core competensi nya di bidang IT, mahasiswa jurusan akutansi harus menguasai kompetensi inti di bidang akutansi, dan seterusnya.

Lihat poin 1 dari hasil penelitian, sobat mahasiswa harus mendapatkan hard skill seperti:

a. Kompetensi inti sesuai jurusan yang dipelajari (jika mempunyai goal untuk bekerja di bidang yang sesuai dengan latar belakang akademisnya).

b. Keterampilan IT dasar yaitu IT sebagai tool untuk mempermudah/otomatisasi pekerjaan, seperti kemampuan spreadsheet, word, presentation, email, dan seterusnya.

c. Kemampuan berbahasa asing, minimal bahasa Inggris, yaitu bahasa komunikasi internasional.

Jika sobat mahasiswa jurusan perminyakan dan mempunyai goal untuk bekerja di perusahaan di Timur Tengah, maka selain bahasa Inggris, sebagai nilai tambah sobat mahasiswa hendaknya menguasai bahasa Arab dasar, dan seterusnya.


2. Mengupayakan semaksimal mungkin mulai dari hari pertama masuk kuliah untuk mendapatkan soft skill yang tinggi.

Lihat poin 1 hasil penelitian di atas, sobat mahasiswa harus berusaha sungguh-sungguh untuk mendapatkan atau mempunyai soft skill:

a. Keterampilan sosial (empati, komunikasi, bekerjasama, dst.)

b. Mempunyai sikap visioner (mampu setting / merumuskan goal, merumuskan strategi untuk mencapai goal, mampu mengatasi hambatan dalam perjalanan menuju goal, dst.)

c. Integritas (bersikap jujur, dst).

d. Soft skill yang disebutkan di atas, yaitu: tingkat percaya diri, mempunyai komitmen tinggi, kreativitas, inisiatif, ketekunan bekerja, disiplin atau etos kerja, integritas, tanggung jawab, kemampuan bekerjasama, kemampuan berkomunikasi, kemampuan networking (membangun jejaring/relasi sosial), motivasi tinggi, dan kemampuan mengambil keputusan.


3. Bagi sobat yang sekarang kuliah di PTN jangan lengah, bagi sobat mahasiswa yang kuliah di PTS jangan berkecil hati. Lihat poin 2 hasil penelitian. Pelaku dunia usaha / dunia industri (perusahaan: baik lokal, nasional, dan perusahaan multi-nasional) menjelaskan bahwa hard skill dan soft skill para lulusan baik lulusan PTN dan lulusan PTS  yang telah bekerja di perusahaannya itu sama, mereka sama-sama mempunyai skill yang tinggi.

Intinya dimanapun sobat kuliah (entah itu di PTN maupun di PTS), sobat mahasiswa harus terus berupaya secara konsisten untuk mendapatkan dan mengasah hard skill dan soft skill.


4. Bagi sobat mahasiswa yang goalnya ingin menjadi profesional / tenaga ahli di perusahaan, perhatikan hasil penelitian poin 3.

Sobat mahasiswa harus:

- Update terus informasi yang berkaitan dengan kompetensi inti, soft skill, informasi peluang pekerjaan, informasi lowongan pekerjaan.

- Selain informasi di atas, selalu update informasi hal yang terkait dengan poin di atas, seperti: kompetensi inti seperti apa yang dibutuhkan di perusahaan pada zaman ini, apa penelitian baru yang dihasilkan terkait dengan keterampilan yang dimiliki sobat, dan seterusnya.

- Informasi di atas dapat sobat dapatkan melalui:

a. aktif berorganisasi, baik organisasi mahasiswa kampus maupun organisasi sosial masyarakat di luar kampus, komunitas khusus sesuai minat dan keahlian.

b. aktif berjejaring atau membangun relasi.

c. aktif mengikuti seminar untuk update wawasan mengenai hard skill dan soft skill baik di kampus maupun di luar kampus.


5. Aktif mendatangi bursa kerja, info lowongan, aktif di komunitas profesional, pertemuan alumni, berjejaring di sosial media semacam linkedin, sehingga lebih dahulu mengetahui informasi peluang kerja.


6. Selalu berlatih dan mengasah keterampilan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menampilkan keunggulan di hadapan orang lain, sehingga sobat mahasiswa sudah terbiasa jika interview atau berhadapan dengan pelaku dunia usaha / dunia industri dan perusahaan lainnya.


7. Jika di kampus anda ada program magang, segera daftar agar mendapatkan pengalaman profesional dan mempertajam keahlian (hard skill dan soft skill).


8. Untuk menambah pengalaman, bisa juga dengan mendaftarkan diri jika di kampus membuka rekrutmen asisten dosen, asisten lab, program magang staf, magang penelitian, dan lainnya.


9. Untuk sobat mahasiswa yang sejak dini sudah mempunyai goal untuk berwirausaha atau mendirikan startup, maka perhatikan poin 4 dari hasil penelitian / kesimpulan penelitian.



================

Barangkali yang baca tips ini adalah siswa SMA yang benar-benar ingin mempersiapkan sejak dini agar ia dapat sukses kuliah, maka ini ada bacaan menarik dan informatif bagi sobat, silakan baca di sini:

Buat calon mahasiswa, baca tips sukses kuliah ini!




0 comments:

Post a Comment