Aktivitas Berenang pada anak.


Olahraga aquatik ini banyak diprogramkan di sekolah-sekolah pada semua tingkatan, yaitu mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA.

Berenang dipercaya sebagai olah-raga sekaligus permainan yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak dan kesehatannya.

Alasan sekolah-sekolah memprogramkan kegiatan berenang untuk siswa-siswinya salah satunya adalah berenang merupakan bagian dari penyelamatan diri terhadap air. Tak heran, Indonesia adalah negara kepulauan dan kita akan melintasi laut jika bepergian ke pulau lainnya menggunakan transportasi laut seperti kapal laut, perahu, dan lainnya. Sehingga keterampilan berenang ini harus dikuasai dan diajarkan sejak dini.

Saya akan menuliskan informasi tentang renang pada anak, yaitu pemanasan sebelum berenang dan latihan inti berenang yang dapat diajarkan kepada anak (mulai dari balita dan anak usia SD).

Sumber tulisan diambil dari majalah SmartLiving Edisi 63.

Sumber gambar juga diambil dari majalah ini, dengan model anak oleh Abizard Susanto, pelatih Suranto, Lokasi di Kebagusan City, Naskah dan foto Alita (ada edit sedikit dari saya tanpa mengurangi makna dan pesan tulisan serta foto).

Oleh karena sangat bermanfaatnya informasi ini, maka saya tulis ulang agar informasi ini tersebar lebih luas lagi sehingga ayah bunda lebih semangat lagi beraktivitas berenang bersama anak. Melatih mereka jika dapat melatih mereka sendiri, atau menyediakan pelatih berenang khusus untuk ayah bunda agar ananda terampil berenang.

Agar Anak Mau dan Berani Berenang


Anak-anak terutama anak balita biasanya sukar untuk memulai aktivitas air di kolam. Begitu juga dengan anak saya dulu.

Awalnya mungkin karena takut. Namun setelah beradaptasi dengan waktu yang cukup, ia tidak mau berhenti ketika kita mengajaknya berhenti berenang/bermain air dan pulang.

Nah, pada tulisan ini seorang praktisi (pengajar berenang untuk anak) memberikan tips agar anak senang dan santai memulai kegiatan dalam air ini. Yang paling utama dibangkitkan adalah rasa percaya dirinya dan meyakinkan dirinya bahwa bermain air ini aman, dan nyaman bersama pelatih berenangnya.

Praktisi tersebut ialah Bapak Suranto, seorang guru olahraga senior, lulusan Universitas Negeri Jakarta. Dan ini ia contohkan ketika ia mengenalkan aktivitas berenang kepada Abizard (5 tahun).

Tips mengajak anak agar mau dan berani berenang


1. Ajak anak untuk berbincang dengan pelatihnya, bercanda, bertanya tentang hal yang disukainya sebelum memulai kegiatan.

2. Beri contoh gerakan awal agar anak paham gerakan awal tersebut dan mengarahkannya dengan bahasa yang lembut sehingga anak mudah mengerti.

3. Setelah itu anak diminta melakukannya tanpa dibantu.

Setelah dekat dan nyaman dengan pelatihnya, anak diajak untuk melakukan pemanasan (stretching).


tips agar anak berani berenang


Pemanasan sebelum berenang


Tujuan pemanasan adalah agar anak tidak cedera otot dan tidak kram pada saat latihan berenang.

Inilah langkah-langkah pemanasan:

1. Badan anak dibasahkan dahulu agar tidak terlalu kaget pada saat masuk ke dalam kolam.

Posisi anak diangkat ke atas lurus. Badan juga lurus.

Ditahan sampai sepuluh hitungan. Lihat gambar.


anak pemanasan sebelum belajar berenang



2. Kedua kaki direnggangkan, badan dibungkukkan sambil kedua tangan mengarah kedepan. Tahan selama sepuluh hitungan.


streching sebelum anak belajar berenang bersama pelatih


3. Badan tegap, kaki lurus, satu tangan menyilang, yang satunya menahan. Tahan posisi ini sampai hitungan sepuluh.

Setelah hitungan sepuluh ganti tangan, yang sebelumnya menahan kini tangan tersebut disilang dan ditahan oleh tangan lainnya, tahan posisi ini dalam hitungan sepuluh.


senam sebelum anak berlatih berenang bersama pelatih renang



4. Berdiri dengan satu kaki dan kaki lain dilipat, dengan cara ditahan oleh kedua tangan. Tahan posisi ini dalam hitungan sepuluh. Ganti kaki dan tahan posisi ini juga dalam sepuluh hitungan.


pemanasan dan peregangan sebelum anak belajar berenang di kolam


Aktivitas setelah pemanasan


Setelah pemanasan, biarkan anak bermain di kolam yang paling dangkal, sebagai pemula boleh menggunakan pelampung tangan untuk anak.

Hal ini dilakukan karena kolam yang dangkal membuatnya nyaman dan percaya diri beraktivitas di dalam air.

Latihan inti (belajar berenang bagi anak)


1. Meluncur

Tangan lurus ke depan, lalu kaki dihentakkan dari dinding kolam (seperti menendang), tangan yang lurus tersebut ditarik perlahan oleh pelatih sampai ke ujung kolam.

Lakukan latihan ini beberapa kali bolak balik.


belajar berenang anak dengan meluncur oleh pelatih



2. Mengapung bergerak yang diarahkan dan ditahan oleh tangan pelatih.

Berikutnya adalah posisi anak telungkup, tetapi kepala dinaikkan (mendongak). Di sini, pelatih menahan tubuh anak dengan kedua tangannya. Dilakukan bolak balik. 

latihan mengapung di kolam oleh anak ditahan oleh pelatih renang




3. Gerakan kaki sambil mengapung bergerak.

Pelatih menahan badan anak seperti gerakan nomor dua, tetapi anak mengayunkan kakinya dengan menggerakkan ke atas dan bawah bergantian kaki. Gerakan ini dilakukan bolak-balik.


anak berlatih gerakan kaki oleh pelatih renang




4. Gerakan tangan sambil mengapung bergerak.

Pelatih menahan badan anak, seperti gerakan nomor 2, tetapi anak mengayunkan tangannya, dengan menggerakkan ke atas dan ke bawah berputar, bergantian tangan. Gerakan ini dilakukan bolak balik arah pendek kolam renang.


anak berlatih gerakan tangan dilatih oleh pelatih renang anak




5. Latihan kekuatan kaki dan tangan

Kedua tangan memegang pinggi kolam dan kaki berkecipak.


anak berlatih kekuatan tangan dan kaki oleh pelatih renang



Itulah gerakan yang sebaiknya dilakukan oleh perenang pemula (balita dan anak SD). Yang harus diingat adalah pastikan anak senang dan semangat agar dapat melakukan sendiri pada latihan-latihan berikutnya.

Jual Pakaian Renang Anak

Ayah bunda ayo ajak ananda mengenal aktivitas berenang dan permainan aquatik ini sejak dini agar ananda terampil dan mampu berenang nantinya. Selain untuk tumbuh kembang anak dan kesehatan, ananda nantinya akan bisa survive di air (seperti sungai dan laut).

Saya menjual baju renang anak yang bisa ayah bunda beli. Lihat postingan di blog ini yang lain tentang contoh model baju buat berenang anak. 

Pakaian untuk berenang anak ini dapat dipesan (pilih model dan motif serta warna) atau juga langsung beli dan pilih stok yang ada. 

Caranya adalah hubungi whatsapp 08111166557 untuk bertanya-tanya tentang ukuran baju renang anak anda, ketersediaan stok, informasi ongkos kirim, informasi total harga dan transfer ke rekening mana, dan lainnya. 

Atau bisa juga inbox atau message fan page kami http://facebook.com/tokowafeeq . Silakan di like dan kirim message, in syaa Allah akan direspon oleh Admin.  

Contoh model pakaian renang anak muslimah bisa dilihat di postingan di bawah:


0 comments:

Post a Comment