Fit dan Sehat Selama Puasa: Tips Olahraga Efektif di Bulan Suci

Puasa bukan berarti harus berhenti berolahraga. Anda tetap dapat berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama bulan Ramadhan.

 

tips bugar saat puasa



Namun, penting untuk memperhatikan beberapa hal agar olahraga saat puasa aman dan efektif. Berikut beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan:

  • Tujuan utama olahraga selama puasa: menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, harus dilakukan dengan pemanasan dan pendinginan yang cukup.
  • Prinsip olahraga yang dilakukan pada saat berpuasa: pemeliharaan tubuh agar tetap sehat dan bugar, yaitu mampun melancarkan aliran darah, lenturnya otot-otot, oksigen lebih banyak terhirup sebagai proses metabolisme tubuh.
  • Intensitas olahraga selama bulan Ramadhan: 40% sampai 50% lebih rendah daripada bulan selainnya.
  • Asupan gizi: harus memenuhi kecukupan gizi, memperhatikan komposisi karbohidrat, protein, lemak, makanan yang berserat, dan minum air yang cukup. Contoh komposisi adalah 15% protein, 20% lemak, dan sisanya karbohidrat.
  • Contoh olahraga yang sesuai saat puasa: berjalan, joging, bersepeda, pilates, dan body balance.
  • Waktu olahraga: setengah sampai satu jam sebelum berbuka puasa, setelah shalat tarawih, atau sebelum sahur.

Sumber:
Journal UNY, MEDIKORA Vol. V, No 1 , April 2009, hal. 92-101

Mengoptimalkan Asupan Gizi Saat Berolahraga di Bulan Ramadhan


Kutipan dari website FKUI


Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB mengatakan, kurma memang ideal untuk dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa. Kandungan nutrisi pada kurma menjadikannya pilihan tepat untuk membatalkan puasa.

“Kurma mengandung karbohidrat yang kompleks, serat, juga mineral. Kandungan tersebut cukup ideal untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa,” ujar Ari dalam Seminar Awam dan Media ‘Tips Sehat Puasa ala Guru Besar FKUI’.

Selain karbohidrat kompleks, serat, dan mineral, kurma juga mengandung kalori yang cukup untuk memulihkan tenaga setelah berpuasa selama kira-kira 14 jam lamanya.

Kurma tergolong ke dalam jenis buah yang memiliki komponen air, meskipun hanya sedikit. Sehingga, kurma menjadi pilihan pertama yang baik untuk berbuka puasa.



Berdasarkan uraian dari ahli di atas, saya sarankan untuk mengonsumsi kurma sebagai hidangan buka puasa atau saat sahur.

Anda dapat membeli kurma di sini:

 

beli kurma ajwa di shopee

jual kurma ajwa naeem

beli kurma sukkari di shopee

beli kurma sukkari premium


0 comments:

Post a Comment